Cara Main Saksofon untuk Pemula, Kuasai Alat Musiknya dengan Mudah!

Saksofon, merupakan salah satu alat musik tiup yang tengah menjadi sorotan kaum awam. Mereka senantiasa belajar untuk menguasai saksofon dan bisa memainkan alat musiknya dengan benar. Teknik dan cara main saksofon selalu menjadi ulasan yang paling banyak dicari di internet mengenai dunia alat musik.

Sekilas, saksofon sangat sulit dimainkan. Bahkan, rasanya tidak memungkinkan untuk bermain layaknya pemain saksofon profesional dalam jangka waktu yang singkat. Padahal, bekal utama untuk menguasai saksofon dengan sempurna, adalah rajin berlatih dan sabar dalam menikmati setiap prosesnya. Dibawah ini, adalah informasi lebih lengkap tentang saksofon yang wajib anda tahu:

 

Tentang Saksofon

 

Sebelum menerapkan teknik hingga cara main saksofon yang baik dan benar, pemula wajib tahu tentang alat-alat dasar atau komponennya. Dalam saksofon, terdapat sebuah ‘gerbang’ yang berguna untuk memudahkan pemainnya meniup alat musik ini hingga menghasilkan bunyi. Komponen tersebut dinamakan dengan “mouthpiece”. Apabila anda baru berhasil mengeluarkan bunyi dengan kualitas biasa saat meniupkan saksofon, maka selalu pastikan bahwa komponen yang satu ini dalam keadaan sempurna dan tidak ada satu kerusakan. Karena, jika ada sedikit kerusakan pada bagian mouthpiece, maka hasil bunyi yang terdengar tidak enak di dengar.

Pada dasarnya, ada dua jenis mouthpiece saksofon, yakni logam dan ebonit. Logam, adalah komponen mouthpiece yang menggunakan bahan utama baja anti karat atau stainless steel, tembaga, dan kuningan. Dan ebonit, adalah jenis karet yang telah melalui proses vulkanisasi untuk menyesuaikan kepadatan yang diinginkan. Setiap jenis mouthpiece, tidak lah menawarkan pengalaman yang berbeda. Hanya saja, setiap komponennya tergantung selera pemain saksofon itu sendiri untuk mendapatkan kenyamanan yang signifikan.

Kemudian, komponen mouthpiece terdiri dari tiga bagian yang memiliki fungsi tersendiri. Tiga bagian tersebut, adalah badan mouthpiece, reed, dan ligatur. Apabila anda sudah mengetahui komponen penting mouthpiece saksofon, barulah anda bisa menerapkan cara main alat musik saksofon yang tepat untuk pemula. Berikut, adalah cara main/teknik yang wajib anda terapkan:

 

  1.     Gunakan Teknik Embouchure

Cara main alat musik saksofon di urutan pertama yang wajib anda lakukan, adalah menerapkan teknik embouchure dengan rutin. Apa itu teknik embouchure? Yakni teknik yang selalu digunakan oleh para pemain saksofon untuk mengalirkan bunyi yang indah pada alat musiknya melalui pernafasan di mulut.

Anda harus tahu, bahwa teknik yang satu ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti “Mulut Sungai”. Ketika anda sedang menerapkan teknik embouchure, maka aliran nada indah melalui saksofon disumberkan oleh mulut anda sampai ke hilir. Hilir dalam saksofon yang berperan penting, adalah indera pendengar.

 

  1.     Posisi Jari Harus Tepat

Setelah melakukan proses teknik embouchure, hal selanjutnya yang harus anda lakukan, adalah menempatkan posisi jari dengan benar. Pertama-tama, anda harus menggunakan tangan kiri untuk menggenggam bagian atas pada komponen key nya. Dan manfaatkan tangan kanan untuk menahan bobot di bagian bawah. Tangan kanan berperan penting untuk menstabilkan posisi saksofon saat dimainkan.

Tidak berhenti di situ saja, anda juga tidak boleh melupakan posisi spatula keys dan keys. Karena, kedua posisi ini sangat penting untuk menyesuaikan nada-nada yang dihasilkan. Sesuaikan jari anda pada komponen tombol nada saksofon sesuai kenyamanan masing-masing. Mainkan saksofon perlahan-lahan pada satu atau dua bait lagu untuk menemukan posisi jari yang tepat.

 

  1.     Latihan Skala Nada

Apabila posisi jari sudah benar-benar disesuaikan dan nyaman, maka barulah anda bisa loncat ke teknik melatih skala nada melalui saksofon. Untuk proses pertama, kami sarankan agar anda mengambil skala C mayor. Skala C mayor ini merupakan nada tepat untuk pemula karena menghasilkan nada yang lebih natural tanpa harus memperhatikan bagian mol dan kres.

Apa itu kres dan mol? Yakni bagian nada yang memiliki sedikit perbedaan pada bagian tinggi ataupun rendah. Bagaimana posisi jari untuk menggunakan skala nada C dalam bermain saksofon? Caranya, adalah anda harus menggunakan jari pada nada dasar Do. Do = C, dan anda harus mainkan perlahan-lahan sambil menstabilkan nada yang dikeluarkan untuk berlanjut ke tingkat selanjutnya.

 

Itulah ulasan tentang cara main saksofon untuk pemula. Gunakan cara diatas dengan rutin agar bisa dengan mudah memainkan alat musik ini layaknya pemain profesional.

 

Baca Juga : Indonesian Traditional Music Instruments

joker123
sbobet
PG Slot

Posted by: Darryl Black on

Tags: , , , , , , , , , , ,